3 kesalahan yang sering dilakukan musisi pemula saat tampil diatas panggung

Bagi seorang musisi tampil diatas panggung itu adalah tantangan tersendiri. Tampil live artinya saat itulah kamu harus memperlihatkan permainan terbaik dengan instrumen kesayanganmu. Dengan ratusan pasang mata memandang langsung, maka kesalahan bahkan sedikit saja bisa merusak seluruh penampilan. Tak ayal situasi seperti ini kerap membuat para musisi khususnya mereka yang masih pemula mengalami demam panggung.

Demam panggung ini pada akhirnya membuat mereka melupaakan beberapa hal penting saat menunjukkan kebolehannya. Naasnya bahkan ada yang lupa memainkan sebagian musi, karena mendadal lupa note atau akord apa yang mesti dimainkan. Selain hal itu ada beberapa hal lain yang kerap dilupakan musis diatas panggung yang tidak lain menjadi sebuah kesalahan, berikut diantaranya:

a.       Lupa caranya bermain spontan

Rasa gugup memang selalu memaksa kita untuk lebih berhati-hati, dan kehati-hatian ini juga diperlukan dalam setiap penampilan. Tapi terlalu berhati-hati juga akan merusakan pertunjukkan, sebab kesempatanmu untuk tampil spontan menurun. Kamu aka terus berpaku pada tempo, nada, dinamika, melodi dan harmoni.

Kehati-hatian ini membuatmu lupa bagaimana caranya bermain spontan, bebas dan bereksplorasi tanpa batas diatas panggung. Padahal penonton kerap ingin melihat pertunjukkan yang berbeda. Jadi ketika kamu lupa caranya bermain spontan bersiaplah untuk kehilangan satu fans.

b.      Berlatih seperti saat rekaman

Buat setiap musisi latihan adalah fondasi utama kesuksesan pertunjukannya. Sayangnya sebagian besar musisi melatih diri didalam studio saja, sehingga sulit bagi mereka melatih atraksi panggung yang sangat diperlukan. Ingat saat tampil nanti kamu bukan berada diruang tertutup melainkan ditatap banyak mata dengan panggung begitu luas.

Agar selalu diingat penonton maka kamu harus tampil seekspresif mungkin, bukan justru bermain seakan berada didalam studio rekaman, monoton disatu titik saja

c.       Lupa membawa instrumen cadangan

Hal yang satu ini juga sering dilupakan oleh para pemula. Mereka datang ke pertunjukkan bermodalkan satu instrumen saja, lantas ketika instrumen tersebut mengalami kerusakan ditengah pertunjukkan show pun berhenti. Nah, jangan sampai hal ini terjadi kepadamu. Beli drum, gitar, keyboard cadangan ya dan usahakan selalu dibawa dimanapun kamu tampil.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Related Posts:

0 Response to "3 kesalahan yang sering dilakukan musisi pemula saat tampil diatas panggung"

Posting Komentar