Menjadi Guru Musik di Sekolah Musik, Kenapa tidak?

Jika kalian memiliki pengetahuan musik yang cukup mumpuni, mungkin bukan hanya menjadi musisi atau penyanyi saja yang bisa kalian lakoni namun juga menjadi guru musik. Tentunya bukan guru musik abal-abal, namun guru yang sudah bersertifikat dan bisa bersaing dengan guru musik lainnya. Kalian bisa bekerja sebagai guru musik di berbagai sekolah musik baik di sekolah standar maupun luar biasa yakni yang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Yang perlu kalian pahami menjadi seorang guru musik sama dengan guru ilmu pengetahuan lainnya. Bekerja di ruang kelas dengan banyak siswa akan menjadi rutinitas sehari hari. Selain itu, kalian juga akan dihadapkan pada tugas mengevaluasi kemajuan keseluruhan siswa dalam satu kelas. Kalian diwajibkan merancang pelajaran dan latihan, bekerja dengan guru-guru lain di departemen yang sama dan mempersiapkan siswa untuk berkarir di industri musik.

Kalian dapat bekerja dengan paduan suara atau nyanyian kelompok sekolah dan berfungsi sebagai konsultan untuk siswa.Di tingkat perguruan tinggi, kalian dapat bekerja pada komite sekolah dan juga berperan sebagai dosen yang memberikan kuliah. Kalian akan bekerja membantu siswa mengasah keterampilan dan juga mengajarkan hal lainnya tentang musik seperti sejarah dan teknik.

Untuk menjadi guru musik sekolah dasar, sekolah menengah atau tingkat sekolah tinggi dibutuhkan setidaknya gelar sarjana dan lisensi mengajar yang dikeluarkan negara. Untuk mengajar di sebuah perguruan tinggi, gelar master biasanya sudah cukup, tapi untuk mengajar program pascasarjana kalian harus menyelesaikan Ph.D. terlebih dulu. Jika kalian memiliki nilai akademik yang bagus dan kecakapan bahasa Inggris tentu karir yang lebih baik bisa kalian dapat di luar negeri.

Di Amerika misalnya, pendidik musik rata-rata bisa mendapatkan gaji USD 43000- usd72000 per bulan. Tentunya gaji ini cukup besar untuk kalian terutama yang masih single. So, tidak ada salahnya berinvestasi dulu sedari kini dengan beli gitar, piano, drum atau keyboard untuk melancarkan proses latihan untuk mendapatkan masa depan yang cerah, menjadi guru musik yang berkualitas dan dihargai.

Related Posts:

2 Responses to "Menjadi Guru Musik di Sekolah Musik, Kenapa tidak?"

  1. Hello, i am glad to read the whole content of this blog and am very excited and happy to say that
    the webmaster has done a very good job here to put all the information content and information at one place

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Dr Rochelle Skin Expert
    cream pemutih wajah
    produk kecantikan wajah
    kosmetik wajah
    pemutih wajah
    anak perempuan cantik

    BalasHapus
  2. Mau tanya, nih. Saya kan baru lulus SMA, kalo saya ikut kursus musik tanpa kuliah gimana, ya? Apakah bisa menjamin masa depan?

    BalasHapus