Penjualan album CD masih menjanjikan

Sebagai seorang musisi independen, anda mungkin akan sangat akrab dengan fakta bahwa download digital sangat besar pengaruhnya bagi musisi dan anda mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat penjualan album tradisional gulung tikar. Layanan download legal seperti iTunes, eMusic, Spotify, dan Rhapsody telah menciptakan kesempatan besar untuk label besar dan independen untuk memiliki kemampuan yang sama dalam menjual musik ke berbagai pasar dengan sedikit atau tanpa biaya.

Pada akhirnya layanan seperti inilah yang menjadi cara terbaik untuk mendistribusikan musik kalian ke massa. Namun, bagi musisi independen mungkin akan sangat sulit mendistribusikan musiknya dengan layanan-layanan tersebut. Perlu kalian tahu penjualan CD fisik juga masih menjanjikan, pasalnya penyuka musik independen diperkirakan 66% nya masih menyukai CD fisik. Hal ini menunjukkan adanya kesempatan untuk anda yang terjun di musik indi menjual albumnya.

Namun lagi-lagi karena pasar musik sudah dimonopoli oleh penjualan digital, maka tempat untuk kalian menjual CD fisik pun masih sangat terbatas. Munggkin anda hanya bisa memperkenalkan atau menjual album pada acara-acara tertentu yang lingkupnya sangat kecil. Tapi jangan takut tidak lagu, faktanya banyak musisi melihat penjualan CD mereka sangat bagus, bahkan jika mereka tidak melakukan promo besar di toko-toko CD lokal.

Nah anda tentu sudah paham apa saja keunggulan penjualan digital dan CD fisik. Sebelum membuat keputusan dengan cara apa kalian akan menjual album pertimbangkan juga ketersediaan budget. Apakah anda memiliki cukup anggaran untuk membuat CD fisik? jangan memaksakan diri jika memang tidak ada biaya. Akan lebih baik jika uang itu disimpan untuk beli drum, piano, atau keyboard sebagai media belajar. Lagipula masih ada youtube yang bisa kalian gunakan untuk berpromosi.

Related Posts:

0 Response to "Penjualan album CD masih menjanjikan"

Posting Komentar