Mengecek Kerusakan Pinblock Piano

Mengecek kerusakan pada piano khususnya bagian interior, tidak cukup hanya dengan memperhatikan satu material atau satu bagian saja. Sebab ada beberapa bagian yang juga membutuhkan perhatian lebih dari anda. Selain papan kayu yang menjadi poin penting dalam pengecekan kerusakan, adalagi bagian yang juga pelru anda perhatikan yaitu pinblock.

Pinblock adalah sepotong kayu didekat bridge yang menahan pin tuning tertap berada ditempatnya. Jika kayunya rusak pin tuning akan melonggar dan menyebabkan suara berdengun dan pitch yang buruk. Cara mengecek pinblock piani adalah dengan mendegarkan kunci-kuncinya, apakah mengeluarkan dua suara atau lebih pada waktu bersamaan.

Jika mengeluarkan suara yang tidak semestinya, jelas pin block ada mengalami kerusakan. Tombol piano biasanya melekat pada dua atau tiga senar, dan kerusakan pinblock dapat memungkinkan hanya satu senar yang mengeluarkan nada dan menyebabkan dua pitch yang berbeda. Selain memperhatikan bagian dalam pinblock.

Anda juga harus mengamati kualitas kayu pinblock, pastikan tidak ada yang retak atau pecah. Periksa pin tuning yang longgar dan periksa pinblock dan senar yang berkarat. Jika ada bagian yang mengalami kerusakan segera ganti dengan yang baru. Mengeluarkan sedikit uang akan lebih baik ketimbang anda membiarkan piano anda mengalami kerusakan lebih parah dan memaksa anda membeli piano yang baru.

Jika anda enggan repot untuk melakukan perawatan, sewalah seorang ahli untuk merawat piano anda. Harganya akan jauh lebih murah dibanding anda harus membeli bagian piano yang baru. Seperti kata pepatah lebih baik menjaga daripada mengobati, begitupun pula dalam piano. Lebih baik menjaga daripada membeli lagi yang baru.

Related Posts:

0 Response to "Mengecek Kerusakan Pinblock Piano"

Posting Komentar